Kamis, 04 Oktober 2007

Naskah Berita Kamis (4/10)

Naskah 1 Berita Kamis (4/10)

Parkir Bandara Akan Diperluas

Batam,Tribun -- Meningkatnya jumlah kendaraan penghantar calon penumpang serta kendaraan karyawan yang bertugas sehari-hari parkir di Bandara Hang Nadim Batam, membuat luas area parkir semakin sempit. Mengatisipasi hal tersebut Pengelola Bandara Hang Nadim Batam akan memperluas area parkir bawah dari 7.000 meter persegi menjadi 10.000 meter persegi (1 hektar).

Ir Razali Abubakar Kepala UPT Bandara Hang Nadim Batam ditemui saat melakukan pemantauan area parkir, Kamis (4/10) menjelaskan, penambahan area parkir ini digesa pengerjaan secepat mungkin. Perluasan dilakukan hingga 3.000 meter persegi lagi, dimana area rumput akan beralih fungsi sebagai parkiran kendaraan, setelah dipasangi batu pavin blok dulu.

" Ini yang menjadi perhatian kita saat ini, setelah kita berlakukan untuk larangan parkir kendaraan di Terminal Kedatangan dan Keberangkatan, maka jumlah kendaraan yang parkir di bawah sangat dirasakan padat sekali. Selama ini kendaraan mobil penghantar dan penjemput yang diprioritaskan, sekarang harus berbagi dengan kendaraan operasional dan karyawan yang bekerja di bandara, ditambah tempat parkir khusus karyawan kita sedang tahap pembangunan gedung juga,"kata Razali Abubakar, dengan semangatnya.

Untuk pengerjaan ini akan digesa dalam beberapa hari lagi, target penyelesaian mudah-mudahan pada sebelum puncak mudik itu sendiri.

" Jika selesai cepat, maka penumpukan kendaraan datang dan pergi di lokasi pargi tidak terlalu lama. Seperti yang kita lihat, satu mobil masuk parkir terhadang satu mobil lainnya yang harus keluar dulu.

Kedepannya lapangan parkir ini akan dipermanenkan terus, agar aturan dilarang parkir kendaraan di terminal kedatangan dan keberangkatan akan terus dipatuhi.

Parkir Bertingkat

Razali juga menceritakan rencana kerja jangka panjang dari pengembangan lapangan parkir bawah saat ini. Menurutnya, diarel lebih kurang 1 hektar lebih ini, direncanakan pembangunan kawasan bisnis, seperti pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainnya. Perluasan menjadi kawasan bisnis juga akan dibangun langsung tempat perpakiran bertingkat.

" Study kelayakan telah dilakukan, dan sejumlah investor telah melakukan studi tersebut. Walau masih tahap studi, rencana ini pasti dikerjakan karena dalam master plantnya sudah ada. Sehingga dalam beberapa tahun kedepan, Bandara kita ini benar-benar akan menjadi bandara internasional dengan kapasitas terlengkap sesuai stadarnya,"ujar Razali mengakhiri. (ded)


Naskah 2 Berita Kamis (4/10)

Rombongan Mukakuning Banjiri Bandara


Suasana pagi Bandara Hang Nadim Batam memasuki H-10 lebaran mendatang,
jumlah calon penumpang yang akan pulang kampung mulai menunjukan
peningkatan. Datang secara bergelombang, calon penumpang ini akan
memperlihatkan identitas dan ciri khas masing-masing.

Menurut AKP Firdaus Kapolsek Bandara Hang Nadim, pantauan arus
keberangkatan calon penumpang yang mudik ke sejumlah kota mulai terasa
sejak awal Ramadan. Memasuki sembilan hari sebelum lebaran ini, jumlah
calon penumpang yang berangkat tetap sama. Yang membedakan penuh
sesaknya terminal keberangkatan Bandara ini, disebabkan jumlah
penghantar calon penumpang yang akan terbang terbilang sangat banyak
sekali.

" Dua hari terakhir, calon penumpang dari rombongan pekerja Mukakuning membanjiri Bandara terutama di Pagi hari. Terlihat bandara ini penuh sesak dari para pekerja yang mudik ini. Kalau kita perhatikan, satu orang yang mudik saja penghantarnya lebih dari 5 orang, maka yang terjadi terminal ini penuh dengan mereka saja,"ujar AKP Firdaus singkat.

Pendapat sama juga diceritakan oleh seorang petugas Ditpam, bagian pemeriksaan tiket penumpang. Menurutnya, Kamis pagi, calon penumpang dari pekerja Mukakuning mulai memadati Bandara.

" Yang berangkatnya cuma dua orang, tapi yang menghantar bisa 8 orang, dan rata-rata semua seperti itu, terlihat juga kekompakan mereka,"ujar petugas tersebut.

Sementara itu, Kepala Bandara Ir Razali Abubakar juga mengakui peningkatan penumpang sudah dirasa sejak kemarin H-10 akan lebaran. Dalam sehari ada 4.500 penumpang berangkat dan datang.

" Pada hari normal, jumlah penumpang yang berangkat berkisar 3000 orang saja, sekarang memasuki H-9 jumlah penumpang berangkat mencapai 4500 orang. Puncaknya, H-1 mendatang kita perkirakan ada 5000 lebih orang akan berangkat dan datang,"ujar Razali lagi.

Secara angka, jumlah calon penumpang yang meningkat sangat dipengaruhi oleh jumlah pesawat yang datang dan berangkat. " Hari normal keberangkatan berkisar 96 pesawat perhari, sekarang dengan penerbangan ektra bisa menjadi 106 pesawat perharinya,"lagi kat Razali. (ded)

Tidak ada komentar: